PIDATO KEUTAMAAN MEMBACA AL-QURAN Lengkap Dalil

Inilah naskah / teks pidato keutamaan membaca Al-Qur'an.
Label: Bacaan, Virtual, Pidato, Religi, Umum
Selamat Membaca!

gambar pidato tentang keutamaan membaca al quran

KEUTAMAAN MEMBACA AL-QUR'AN
(Naskah teks dari Taman Baca Virtual)

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah, kita ungkapkan sebagai rasa syukur kita kepada Allah SWT, karna berkat Rahmat, Taufiq dan Hidayah–Nya kita diberikan kesehatan serta kemampuan untuk berbuat baik sehingga kita ringan ikhlas melaksanakan kewajiban-kewajiban kita sebagai muslim, juga bisa menjalankan amal-amal kebaikan lainnya, sebagai orang Islam yg ta'at, seperti halnya membaca Al-qur’an.

Selanjutnya, shalawat beserta salam dengan ucapan Allahumma Sholli ‘alaa Muhammad, kita haturkan kepada beliau beserta keluarga, sahabat dan pengikut-pengikut beliau hingga hari Kiamat. Karena berkat perjuangan beliau, kita termudahkan untuk mengenal Islam, sebuah agama yang berpedoman pada Al-qur’an.

Hadirin yang saya hormati!
Sebagaimana kita ketahui bahwa Al-qur’an adalah termasuk mukjizat Nabi kita tercinta dimana keasliannya akan selalu dijaga oleh Allah SWT., ternyata Al Qur’an juga mempunyai banyak keistimewaan dan keajaiban terkandung di dalamnya dan tidak terdapat pada kitab atau buku lainnya. Membaca Al Qur’an adalah merupakan ibadah yang memiliki nilai pahala perhurufnya dan mengandung banyak keutamaan. Diantara keutamaan membaca Al-quran adalah sebagaimana berikut:

Keutamaan Pertama yaitu: agar kita mendapatkan petunjuk dan rahmat dari Allah.

Sebagaimana firman Allah dalam Al-qur’an:

وَ إنَهُ لَهُدًى وَرَحْمَةٌ للْمُؤمِنينَ

Dan sesungguhnya Al-quran itu benar-benar menjadi petunjuk dan rahmat bagi orang-orang beriman. ( QS. An-Naml, ayat 77 ).

Hadirin Yang Berbahagia!
Dengan kita membaca Al-qur’an, kita akan diberi petunjuk dalam setiap urusan kita sehari-hari. Baik urusan bergaul dengan manusia, urusan perjodohan / keluarga, urusan berusaha / bekerja, urusan mempergunakan harta, bahkan urusan hutang-piutang pun Allah tunjukkan semuanya melalui Aqur’an. Tinggallah kita sendiri mau atau tidak mengambil petunjuk-petunjuk itu.

Kalau saja kita mau, maka hidayah dan rahmat Allah akan diturunkan kepada kita, baik berupa kemudahan-kemudahan di dalam urusan dunia lebih-lebih dalam urusan keakhiratan.

Hadirin Rahimakumullah!

Keutamaan kedua dari Keutamaan membaca alqur’an yaitu: sebagai penawar/obat penyembuh

Sebagaimana firman Allah dalam Al-qur’an:

وَلَوْ جَعَلْناهُ قُرْآنًا اَعْجَمِيًّا لَقَالُوْا لَوْلَافُصِّلَتْ آيَاتُهُ اَأَعْجَمِيٌّ وَعَرَبِيٌّ . قُلْ هُوَ لِلَّذِيْنَ آمَنُوْا هُدًى وَشِفَاءٌ . وَالَّذِيْنَ لَا يُؤْمِنُوْنَ فِى آذَانِهِمْ وَقْرٌ وَهُوَ عَلَيْهِمْ عَمَى . أُولَئِكَ يُنَادَوْنَ مِنْ مَكَانٍ بَعِيْدٍ

Dan jikalau Kami jadikan Al-Quran itu suatu bacaan dalam bahasa selain Arab, tentulah mereka mengatakan: “Mengapa tidak dijelaskan ayat-ayatnya?” Apakah (patut Al Quran) dalam bahasa asing sedang (rasulnya adalah orang) Arab?” Katakanlah: “Al Quran itu adalah petunjuk dan penawar bagi orang-orang mukmin. Sementara orang-orang tidak beriman, pada telinga mereka ada sumbatan, sedang Al Quran itu suatu kegelapan bagi mereka. Mereka itu adalah (seperti) dipanggil dari tempat nan jauh.” ( QS. Fushshilat, ayat 44 ).

Bagi orang beriman, Alqur’an itu adalah sebagai petunjuk dan penawar hati. Dengan kata lain, apabila seorang mukmin betul-betul menjalankan petunjuk-petunjuk Alqur’an maka ia akan menemukan obat penawar hati pelipur lara dalam setiap permasalahan yang tengah ia hadapi. Kita lagi galau, kita baca Al-qur’an. Kita lagi kena musibah, segera baca Al-qur’an. Kita lagi sakit, solusinya tetap baca atau dibacakan Alqur’an.

Bagi orang beriman, ayat-ayat Alqur’an dapat bereaksi sebagai penawar/obat/solusi, baik secara langsung atau tidak langsung ataupun berangsur. Misalnya berkah membaca Alqur’an, fikiran kita jadi tenang, masalah/penyakit kita mereda, lalu menghilang/sembuh. Bisa jadi kita temukan obat unik yang tak pernah dibayankan sedikitpun sebelumnya. Jika Allah menghendaki, maka tidak akan ada satu hal tidak mungkin.

Hadirin Rahimakumullah!

Oleh karen itu, marilah kita jadikan Al-qur’an sebagai petunjuk dalam setiap langkah kita, sebagai penawar hati sekaligus solusi dalam setiap masalah, juga sebagai obat penyembuh dari setiap penyakit yang menimpa diri kita atau orang-orang di sekitar kita.

Kiranya ini saja yang dapat kami sampaikan. Semoga pidato singkat ini dapat menginspirasi kita semua, tuk semakin rajin membaca Al-qur’an paling tidak perhari satu halaman, kalau tidak mampu, maka perhari cukup 5 ayat. Kemudian membaca surah-surah tertentu terutama pada saat-saat menghadapi masalah atau tertimpa musibah atau terkena penyakit. Serta janganlah lupa baca juga terjemahannya lalu hayatilah maknanya agar keutamaan-keutamaannya betul-betul berbuah nyata dalam kehidupan kita. Amin.

Hadirin Rahimakumullah!

Jika ada sumur di ladang, boleh kita menumpang mandi. Jika ada umur panjang, semoga kita berjumpa lagi. Terimaksih atas segala perhatian, mohon ma’af jika ada kekurangan. Wabillahit-taufiq walhidayah war-rohmah wal’inayah………

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Baca Juga:

Lihat juga:
Video Youtube Channel kami:

Terimakasih Anda telah membaca bacaan religi dan umum dari
Taman Baca Virtual
TBv
tamanb4c4.blogspot.com
cocok dibaca selagi online.
Pidato lainnya bisa dicek di Menu
atau Label.

Bagikan:

13 komentar:

Unknown said...

Sangat bagus untuk saya lomba pidato

Akhmad Dani said...

makasih sob buat apresiasinya, moga bermanfaat n menang lombanya

Unknown said...

Mohon izin copy yaaa

Unknown said...

Mohon izin copy yaa

Akhmad Dani said...

silahkan aja.

Unknown said...

Mohon maaf min itu pada Qs an-naml seharusnya warahmatullilmukminin bukannya warahmatullilalin

Akhmad Dani said...

trimakasih atas koreksinya sob. tulisan udah diganti.
review tulisan ke 88371.
bagi yg copas tolong update juga ya. trims

Anonymous said...

Mohon izin copas ya

Unknown said...

Bagus untuk saya baca di kelas saat pelajaran bahasa indonesia

Yayasan Ummul Quro Mekarsari said...

terimakasih ya pidatonya bagus. kalau boleh usul tambah lagi ya pidato tentang alquran sebagai jalan hidup. maaf kalau lancang.

Akhmad Dani said...

trim's buat comentnya. mudahan berikut2nya gan.

Blog Milikumi said...

Halo Min,
Makasih ya. Infonya bermanfaat.

Salam kenal ya Min. Aku Mili.
Saling kunjung yuk ke Web / Blog aku.

Bisa kunjungi postingan terbaru aku :
- Tips Cara Khatamkan Al Quran Saat Ramadhan
- Tips Khatam Al Quran di Bulan Ramadhan

Taman Baca Virtual said...

salam dan makasih juga ya udah berkunjung ke blog ini.

ARSIP BULANAN

PEMBACA TBv

PEMBACA ONLINE