11 Orang yang Dapat Doa Malaikat

Inilah artikel tentang 11 Orang yang Dapat Doa Malaikat beserta keterangan hadits, dari Taman Baca Virtual. Selamat Membaca.
.

Ada 11 Orang yang senantiasa mendapatkan doa para malaikat. Doa tersebut bisa berupa permohonan ampun dari Allah, turunya rahmat kasih sayangnya, atau kebaikan-lainnya yg bermafaat di dunia atau di akhirat. Kategori 11 orang tersebut diterangkan dalam hadits masyhur sebagaimana berikut:

1. Orang yang sedang duduk menunggu waktu shalat.

Rasulullah SAW bersabda: “Tidaklah salah seorang diantara kalian duduk menunggu waktu shalat, sdgkn ia dalam keadaan suci, kecuali para malaikat akan mendoakannya: ‘Ya Allah, ampunilah dia. Ya Allah sayangilah dia.’”

2. Orang yang berada di shaf pertama shalat berjamaah.

Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat atas (orang) yang berada pada shaf pertama (terdepan).”

3. Orang yang menyambung shaf dalam shalat berjamaah.

Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya Allah dan para malaikatNya selalu bershalawat kepada orang yang menyambung shaf.”

4. Orang yang mengucapkan “AAMIIN” bersama imam setelah bacaan Al-Fatihah.

Rasulullah SAW bersabda: “Apabila imam selesai membaca surah Al-Fatihah, ucapkanlah olehmu “aamiin”. Karena barang siapa mengucapkannya bersamaan dengan ucapan malaikat, maka ia akan diampuni dosa masa lalunya .”

5. Orang yang tetap duduk di tempat shalatnya setelah melakukan shalat.

Rasulullah SAW bersabda: ”Para malaikat akan selalu bershalawat atas seseorang di antara kalian selama ia tetap berada di tempat shalatnya, di mana ia melakukan shalat.”

6. Orang yang melakukan shalat Subuh dan Ashar secara berjamaah.

Rasulullah SAW bersabda: “Para malaikat berkumpul pada saat shalat Subuh lalu malaikat (yang menyertai hamba) pada malam hari (hingga Subuh) naik (ke langit). Dan malaikat (yang menyertai hamba) pada siang hari tetap tinggal. Kemudian mereka berkumpul lagi pada waktu shalat Ashar, lalu malaikat yang ditugaskan pada siang hari (hingga shalat Asar) naik (ke langit). Sedangkan malaikat yang bertugas pada malam hari tetap tinggal. Lalu Allah bertanya kepada mereka: “Bagaimana kalian meninggalkan hamba-Ku?” Mereka menjawab: ”Kami datang saat mereka sedang melakukan shalat dan kami tinggalkan mereka saat mereka sedang melakukan shalat, ampunilah mereka pada hari kiamat.”

7. Orang yang tidur dalam keadaan suci.

Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa tidur dalam keadaan suci maka malaikat akan bersamanya menemani tidurnya. Dia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa: “Ya Allah, ampunilah hamba-Mu ini kerana tidur dalam keadaan suci.”

8. Orang yang mendoakan saudaranya tanpa sepengetahuan saudaranya itu.

Rasulullah SAW bersabda: “Doa seorang muslim untuk saudaranya yang dilakukan tanpa sepengetahuan orang yang didoakannya adalah doa yang akan dikabulkan. Di atas kepalanya ada seorang malaikat yang menjadi wakil baginya setiap dia berdoa kebaikan untuk saudaranya. Malaikat itu akan berkata: “aamiin. Dan engkau pun mendapatkan apa yang ia dapatkan.”

9. Orang yang berinfak di waktu pagi.

Rasulullah SAW bersabda: ”Tidak satu hari pun dimana hamba ada pada hari itu kecuali dua malaikat turun kepadanya. Satu diantara keduanya berkata: “Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfak.”

10. Orang yang melakukan makan sahur.

Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya Allah dan para malaikatNya bersalawat atas orang yang melakukan makan sahur.”

11. Orang yang menjenguk orang sakit.

Rasulullah SAW bersabda: “Tidaklah seorang mukmin menjenguk saudaranya kecuali Allah akan mengutus 70.000 malaikat untuknya agar bershalawat kepadanya di waktu siang hingga petang dan di waktu malam hingga subuh.

Itulah artikel tentang 11 Orang yang Dapat Doa Malaikat beserta keterangan hadits, dari Taman Baca Virtual.

Bagikan:

0 komentar:

ARSIP BULANAN

PEMBACA TBv

PEMBACA ONLINE