Tips Sembuhkan Sakit Hati

Tips Sembuhkan Sakit Hati agar tidak sakit hati. Tips dibagikan karena dampak sakit hati yang tidak disembuhkan akan merembet pada penyakit lain. Berikut penjelasan dan tipsnya. Selamat Membaca.


Ada orang punya sakit hati yang benar-benar kronis. Sakit hati yg dirasakan seperti hal ini,
~ benci banget
~ dendam banget
~ khawatir banget
~ sedih banget, dan
~ kecewa banget.

Semua itu dibiarkan berlarut-larut, sampai akhirnya menimbulkan gejala penyakit lain yang tampak pada tubuhnya.

Begitu muncul di tubuh maka sakit hati itu berubah wujud menjadi penyakit kanker, diabetes, stroke, sakit jantung, dan sebagainya. Setelah tampak nyata wujud penyakit lahirnya itu barulah kemudian diobati. 

Dan ternyata, yang diobati pun hanya di permukaannya saja, yakni sakit yang tampak menggejala di tubuhnya saja.

Ia atasi dengan operasi dan obat-obatan selama bertahun-tahun bahkan seumur hidup. Tapi anehnya ia tak kunjung sembuh, malahan ada juga yang sampai di bawa mati. Padahal kemo, radiasi, scan, dan semacamnya telah dilakukan namun tidak membawanya pada kesembuhan.

Hal itu karena akar masalahnya belum diatasi. Ia lupa memperhatikan ke dalam hatinya, ia lupa mengontrol perasaannya, atau bahkan ia sudah lupa akan penguasa hidup matinya, termasuk hatinya, yaitu Tuhan alam semesta.

Ia melupakan semua itu. Sedangkan akar permasalahannya adalah ada di hatinya. Hatinya sedang sakit dan penyakit di hati tersebut kian hari kian merusak sel dan organ di tubuhnya. Sehingga sakitlah tubuhnya. Kenapa tubuh ikut merasa sakit? Inilah penyeabnya.

Perlu diketahui bahwa apabila hati dipenuhi rasa dendam, kekecewaan, kekhawatiran, dan kesedihan, aamlagi pikiran dikuasai stress, jiwa diliputi kebencian, maka sirkulasi darah akan terganggu. Jika dibiarkan, maka darah menjadi asam. Dan darah yang asam akan memicu tubuh menjadi sakit. 

Lalu apa yang seharusnya dilakukan? Baiklah, sebelum segala sesuatunya dilakukan ada hal yang perlu diingat bahwa Rasulullah shallallahu'alayihi wasallam pernah bersabda:

"Ada segumpal daging di tubuh. Bila ia baik, maka seluruh tubuh akan baik. Dan bila ia buruk maka seluruh tubuh akan buruk. Itulah "HATI."
Maka hati yang buruk, pikiran yang kusut dan jiwa yang kalut tidak boleh berlama-lama bersarang dalam diri seseorang. Karena akibatnya sungguh sangat fatal.

Seharusnya segumpal daging berharga itu harus selalu dirawat, dijaga, dan dibersihkan setiap saat supaya selalu ada dalam kondisi baik dan dalam suasana tentram. Salah satu pembersihnya adalah istighfar, dan salah satu penjaganya adalah dzikrullah.

Selanjutnya, kondisi hati itu musti selalu dijaga keikhlasannya, dilatih untuk senang bersyukur, dihiasi dengan prasangka baik, diajak menerima ketentuan Allah, dan dibiasakan berharap dan bertawakkal hanya kepada Sang penguasa hati, yaitu Allah Rabbul Alamin.

Idealnya, kondisi hati itu perlu kepiawaiam perlakuan sehingga ia seumpama anak kecil yang selalu bahagia dan riang gembira. Seperti itulah seharusnya menghiasi kondisi hati. Karena pada saat kondisi hati sumringah maka seluruh badan akan bergairah. Tapi bila hati terpuruk, maka pada saat itu pula badan dihampiri penyakit.

Qad aflaha man zakkaaha, waqad khaba man dassaahaa.
Beruntunglah orang yang mensucikaannya, dan merugilah orang yang mengotorinya. (AsySyamsu 9-10)

Adapun tanda hati sedang bersih adalah, merasa bahagia atas kebahagiaan orang lain, merasa sedih dengan penderitaan orang lain, semangat berbuat baik tanpa pamrih, selalu ridha atas ketentuan yang Allah berikan, dll.

Semoga kita bisa merawat kebersihan hati, menjauhkannya dari sifat-sifat tercela sehingga selamat dari penyakit kronis di badan. Amin. Demikian Tips Sembuhkan Sakit Hati , Semoga bermanfaat.

Sembuhkanlah seluruh penyakit di hati, maka akan sembuh pula seluruh penyakit di tubuh.

Bagikan:

0 komentar:

ARSIP BULANAN

PEMBACA TBv

PEMBACA ONLINE