HADITS QUDSI KE 38: bungkus surga & neraka

HADITS QUDSI KE: 38

( TENTANG BUNGKUS SURGA DAN NERAKA )

Dari Abu Hurairah r.a., bahwas Rasulullah s.a.w., bersabda: “Ketika Allah menciptakan surga dan neraka, Dia mengutus Jibril untuk melihat neraka, lalu berfirman: ‘Lihatlah apa yang ada di dalamnya, dan kenikmatan yang Aku janjikan kepada penghuninya di dalamnya .’” Rasulullah s.a.w., melanjutkan: “ Kemudia Jibril datang ke surga dan melihat ke dalamnya serta kenikmatan yang disiapkan oleh Allah SWT kepada para penghuninya di dalamnya.” Rasulullah s.a.w., melanjutkan lagi: “Kemudian Jibril kembali kepada Allah SWT seraya berkata: ‘Demi kemuliaan-Mu, tidak seorangpun yang mendengar tentangnya, kecuali akan memasukinya’. Lalu Allah SWT memerintahkan untuk melingkupi surga dengan perkara-perkara yang dibenci (berupa kesulitan). Kemudian Allah SWT berfirman (kepada Jibril): ‘Kembalilah ke surga, dan lihatlah apa yang telah Aku persiapkan bagi para penghuninya di dalamnya.’ Rasulullah s.a.w., melanjutkan: “Kemudian kembalilah Jibril ke surga. Maka ketika dia sampai di sana, benar-benar (surga) telah dilingkupi dengan berbagai kesulitan.” Kemudian Jibril kembali menemui Allah SWT dan berkata: 'Demi Kemuliaan-Mu, aku benar-benar khawatir, bahwa tidak seorangpun akan masuk ke dalamnya'. Lalu Allah SWT berfirman: 'Pergilah ke neraka, dan lihatlah di dalamnya, serta perhatikan terhadap apa yang Aku persiapkan bagi para penghuninya'. Kemudian ketika Jibril sampai di neraka, dia melihat neraka terdiri dari beberapa tingkatan, yang satu di bawah tingkatan lainnya. Kemudian dia kembali menemui Allah SWT dan berkata: 'Demi Kemuliaan-Mu, Tidak seorangpun yang mendengar tentangnya mau untuk memasukinya'. Lalu Allah SWT memerintahkan untuk melingkupi neraka dengan syahwat/kesenangan, kemudian berfirman kepada Jibril: 'Kembalilah ke neraka.’ Kemudian Jibril pun kembali ke neraka, lalu berkata: 'Demi Kemuliaan-Mu, aku benar-benar khawatir, tidak seorangpun akan selamat melainkan akan memasukinya'.”
( HR. Tirmidzi, beliau berpendapat hadits ini hasan shahih. Juga diriwayatkan oleh Abu Dawud & Ibn Majah)

Kandungan Isi Hadits

1. Surga dan neraka adalah tempat hunian terakhir, kelak di akhirat.

2. Surga dihiasi dengan berbagai keindahan serta kenikmatan di dalamnya akan tetapi terbungkus oleh berbagai kesulitan di sekitarnya.

3. Neraka dipenuhi dengan berbagai azab/siksan di dalam kobaran apinya akan tetapi ditutupi dengan berbagai kesenangan syahwat di luarnya.

4. Karena bungkus/tutupan yang melingkupi itu, malaikat Jibril menduga bahwa surga tak akan ada penghuninya, sedangkan neraka akan banyak peminatnya.

5. Bungkus/tutupan itu merupakan ujian yang diberikan kepada setiap hamba-Nya sejak ia mukallaf hingga akhir hayat.

6. Siapa lulus ujian akan selamat, dan siapa gagal ujian akan celaka.

7. Mereka yang selamat akan dimasukkan ke surga, dan mereka yang celaka akan dimasukkan ke neraka.

8. Di akhirat hanya ada dua tempat hunian, yaitu surga dan neraka saja.

9. Surga akan dihuni oleh orang-orang muslim shaleh atau pelaku dosa yang sudah diazab/diampuni oleh Allah.

10. Neraka akan dihuni oleh orang-orang kafir dan orang-orang muslim yang pernah bebuat dosa dan belum diampuni oleh Allah.

Terimakasih Anda telah membaca bacaan religi dan umum dari
TBv
Taman Baca Virtual
http://tamanb4c4.blogspot.com
Label: Bacaan, Virtual, Hadits, Religi, Umum

Bagikan:

0 komentar:

ARSIP BULANAN

PEMBACA TBv

PEMBACA ONLINE