HADITS QUDSI KE: 18 hakikat peduli terhadap sesama

HADITS QUDSI KE: 18

( TENTANG PEDULI TERHADAP SESAMA )


Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a., beliau berkata bahwa Rasulullah s.a.w bersabda: “Sesungguhnya Allah Azza Wa Jalla kelak di hari kiamat akan berfirman: “Wahai anak cucu Adam, Aku sakit dan kamu tidak menjenguk-Ku”, ada yang berkata: “Wahai Tuhanku, bagaimana kami menjenguk-Mu sedangkan Engkau adalah Tuhan Semesta Alam”, Allah berfirman: “Tidakkah engkau tahu, sesungguhnya hamba-Ku yang bernama Fulan sakit, dan kamu tidak menjenguknya? Tidakkah engkau tahu, sesungguhnya jika kamu menjenguknya, engkau akan mendapati-Ku didekatnya. Wahai anak cucu Adam, Aku meminta makanan kepadamu, namun kamu tidak memberi makanan kepada-Ku.” Ada yang berkata: “Wahai Tuhanku, bagaimana kami dapat memberi makan kepada-Mu sedangkan Engkau adalah Tuhan Semesta Alam?” Allah SWT berfirman: “Tidakkah engkau tahu, sesungguhnya hambaku Fulan meminta makanan, dan kemudian kalian tidak memberinya makanan? Tidakkah engkau tahu, seandainya engkau memberinya makanan, benar-benar akan kau dapati (pahala) perbuatan itu di sisi-Ku. Wahai anak cucu Adam, Aku meminta minum kepadamu, namun engkau tidak memberi-Ku minum.” Ada yang berkata: “Wahai Tuhanku, bagaimana kami memberi minum kepada-Mu sedangkan Engkau adalah Tuhan Semesta Alam?” Allah SWT berfirman: “Seorang hambaku yang bernama Fulan meminta minum kepadamu, namun tidak engkau beri minum, tidakkah engkau   tahu, seandainya engkau memberi minum kepadanya, benar-benar akan kau dapati (pahala) amal itu di sisi-Ku” ( HR.  Muslim )

Kandungan Isi Hadits

1. Hadits ini menunjukkan anjuran untuk peduli terhadap sesama,  menjenguk orang sakit, memberi makan orang lapar dan memberi minum orang haus, membantu orang susah.

2. Ada pahala bagi orang yang membantu meringankan penderitaan dan kesulitan orang lain

3. Membantu mereka berarti membantu “membahagiakan” Allah. Hakikatnya adalah membantu diri sendiri karena Allah pasti membalas kepedulian kita dengan kepedulian terbaik-Nya.

4. Allah senang terhadap orang yang peduli dan senang berbuat baik terhadap sesama manusia.

5. Allah senantiasa mengulurkan pertolongan terhadap seseorang selama ia menolong sesamanya


TB

Terimakasih Anda telah membaca bacaan religi dan umum dari
Taman Baca Dot Blogspot Dot Com.
Label: Hadits Qudsi, Umum

Bagikan:

0 komentar:

ARSIP BULANAN

PEMBACA TBv

PEMBACA ONLINE